Sistem Pendidikan menggunakan sistem kredit dengan total kredit minimal 148 SKS.

Disiplin keilmuan di bidang kepelabuhanan di Indonesia, masih langka. Untuk menjawab kebutuhan tersebut  Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS) melalui Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhan (STIAMAK) Barunawati Surabaya mengisi ruang tersebut.

Mengundang dan mengelola lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) khusus di bidang kepelabuhanan. STIAMAK Barunawati Surabaya membentuk karakter SDM mumpuni untuk pekerjaan Port Operator, Stevedoring, Where House, Shipping Lines, Forwarding, Trucking, Eksport-Import dan bisnis terkait lainnya. Mencukupi kebutuhan SDM tenaga pengajar (dosen) dengan keahlian khusus di bidang kepelabuhanan. Mulai SDM manajerial, enterpreneurship  sampai SDM operasional.

STIAMAK Barunawati Surabaya juga menawarkan metode pengajaran terbarukan. Yaitu; kuliah regular face to face di ruang kuliah, kuliah umum dan seminar sebagai lompatan transformasi keilmuan dari perubahan situasi dan suasana bisnis di lapangan yang belum terbukukan dan port to port atau port visit sebagai bentuk baru penguatan materi kuliah di kampus. Kolaborasi tiga pola kuliah tersebut terbukti memudahkan lulusan STIAMAK Barunawati Surabaya diterima di lingkungan kerja Kepelabuhanan.

Alur Mata Kuliah Program Studi S1 Ilmu Adm Bisnis Konsentrasi Kepelabuhan, dapat diunduh di: https://drive.google.com/drive/folders/1uKfbcxcL7FQg3WE6fu0yFOlKy7IQN1jp

Kurikulum Program Studi S1 Ilmu Adm Bisnis Konsentrasi Kepelabuhan, dapat diunduh di: https://drive.google.com/drive/folders/1uKfbcxcL7FQg3WE6fu0yFOlKy7IQN1jp