Surabaya, Expostnews.com - Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Managemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati Surabaya sangat memahami pentingnya memadukan materi perkuliahan dengan ilmu lapangan. Kebutuhan ini pun diimplementasikan STIAMAK secara langsung dengan mengajak mahasiswanya menengok kinerja 3 terminal dalam mendukung operasional pelabuhan.

“Port Visit ini merupakan bagian dari pendalaman dan pengembangan materi kuliah kepelabuhanan mahasiswa di kampus,” tukas Kepala Program Studi (Kaprodi) STIAMAK Barunawati, Juli Prastyorini di sela kunjungan mahasiswa STIAMAK di 3 terminal, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, kegiatan Port Visit ini akan semakin memahamkan mahasiswa terhadap realitas sesungguhnya dari sistem kinerja di pelabuhan. Juli menyebut, sedikitnya 60 mahasiswa 'diterjunkan’ langsung mengunjungi Terminal Teluk Lamong (TTL), Java Integrated Industry Port and Estate (JIIPE) serta Terminal Berlian (BJTI Port),

“Pendalaman materi kuliah pelabuhan ini meliputi; bongkar muat, shipping line, trucking, operasional terminal, kepengurusan kepabeanan dan bentuk kerja di pelabuhan lainnya,” ulasnya.

Dijelaskan, kuliah lapangan yang diterapkan STIAMAK untuk mahasiswanya ini, sekaligus memberikan gambaran langsung tentang pelayanan kapal, bongkar muat peti kemas, general cargo dan barang curah. Selain itu, dalam kegiatan Port Visit tersebut, mahasiswa juga ditunjukkan beragam fasilitas pendukung pelayanan di tiga pelabuhan.

“Seperti container crane, harbour mobile crane, grape, hopper dan alat-alat lain yang memiliki manfaat besar terhadap operasional pengusahaan di pelabuhan,” tutur Juli.

Sementara, setiap kunjungan di satu terminal, ke 60 mahasiswa STIAMAK mendapat banyak pencerahan. Seperti halnya di JIIPE, mahasiswa mendapatkan penjelasan integrasi antara pelabuhan dengan kawasan industri yang luasnya mencapai 3.000 ha. “Saat di Terminal Teluk Lamong, mahasiswa memperoleh penjelasan terkait terminal modern yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Lain halnya di BJTI PORT. Anak usaha Pelindo III ini memberikan penjelasan tentang kegiatan bongkar muat peti kemas domestik di terminal perubahannya. Mahasiswa semester I ini juga mendapat pengetahuan terkait sistem pelayanan dan grup bisnis di BJTI Port.

“Kami sangat puas dengan kegiatan Port Visit ini,” aku seorang mahasiswa STIAMAK usai kegiatan. (sa/ms/il)